Kiat – Kiat yang Perlu Diperhatikan Ketika Ingin Membeli Mobil Bekas


Mobil bekas ternyata masih eksis di pasarannya. Hal ini terbukti dari banyaknya minat masyarakat untuk membeli mobil bekas. Ya, bekas bukan berarti rusak ya. Tentu saja mobil bekas yang dimaksud disini adalah mobil bekas yang berkualitas dan layak pakai. Pasaran mobil bekas semakin lengkap dengan adanya kredit mobil bekas yang akan memudahkan konsumen dalam mendapatkan mobil pribadi yang mumpuni.

Sayangnya, minat masyarakat yang tinggi terhadap mobil bekas ini justru membuka pintu kesempatan bagi dealer nakal. Dengan alasan ingin mendapat keuntungan lebih, cara curang pun dilakukan. Meski begitu Anda tidak perlu khawatir, sebab kini sudah banyak dealer terpercaya yang menyediakan mobil baru atau mobil bekas dengan kualitas yang baik.


Perhatikan uraian di bawah ini untuk mengetahui kiat – kiat membeli mobil bekas.

Anggaran Dana
Anggaran dana sepertinya tidak pernah absen ketika Anda berencana membeli sesuatu. Terlebih untuk membeli mobil yang harganya sedikit lebih mahal dibandingkan barang – barang kebutuhan harian Anda. Untuk itu, siapkan budget khusus yang dialokasikan untuk membeli mobil. Apabila beruntung, Anda bisa memanfaatkan promo kredit mobil yang mungkin saja disediakan oleh dealer.

Jenis Mobil
Setelah menyiapkan budget, Anda harus menyesuaikan jumlah budget yang ada dengan jenis mobil yang akan dibeli. Misalnya; Anda ingin membeli mobil untuk kebutuhan mobilitas keluarga, jadi jenis mobil yang dipilih adalah mobil MPV. Dengan menentukan jenis mobil yang akan dibeli, nanti akan memudahkan Anda saat memilih mobil bekas di dealer.

Survei Langsung
Membeli mobil baru atau bekas, diperlukan survei langsung untuk memastikan kualitas mobil tersebut. Jadi usahakan untuk mendatangi dealer lalu memeriksa mobil yang akan dibeli. Cek bodi mobil, mesin dan komponennya, hingga melakukan test drive. Anda juga bisa menanyakan perihal asuransi mobil. Terutama ketika Anda menghendaki kredit mobil bekas.

Selain itu, Anda juga harus memastikan kelengkapan surat kendaraan. Mulai dari BPKB, STNK, faktur pembelian dan dokumen – dokumen lain yang berhubungan dengan mobil bekas yang akan dibeli.

Pertimbangkan Kembali
Adalah lumrah ketika Anda tidak langsung membeli mobil di hari yang sama bersamaan dengan survei ke dealer. Jadi, usai survei harga, jenis mobil, hingga test drive, Anda masih boleh untuk mempertimbangkan lagi. Apakah akan membeli mobil tersebut atau tidak.

Sepulangnya dari dealer, Anda bisa mendiskusikan bersama keluarga. Sampaikan pertimbangan – pertimbangan yang logis agar segera mendapatkan keputusan akhir.

Membeli mobil bekas adalah solusi bagi Anda yang ingin memenuhi kebutuhan mobilitas tanpa perlu mengeluarkan uang dalam jumlah yang banyak. Ya, dengan kredit atau tunai, setidaknya harga mobil bekas jauh lebih murah daripada mobil baru. Meski begitu tetap perhatikan kiat – kiat membeli mobil bekas yang telah disebutkan di atas agar Anda bisa mendapatkan mobil bekas yang berkualitas.
Previous
Next Post »