10 Tips Penataan Furnitur Agar Ruang Kecil Tampak Luas

source : pixabay.com

Memilki rumah dengan ukuran ruangan yang terbatas atau kecil merupakan tantangan tersendiri bagi kita dalam menempatkan perabotan agar rapi dan nampak luas. Dalam membahas suatu desain interior rumah tentunya tata letak rumah menjadi sorotan bagi penghuni maupun tamu yang berkunjung. Tata letak rumah yang baik membuat bagian interior rumah akan terlihat lebih indah, menarik dan juga nyaman.

Ruangan dengan ukuran yang tidak terlalu besar terkadang membuat penghuninya susah untuk melakukan aktivitas di dalam ruangan. Sebelum Anda memindahkan perabotan ke dalam rumah, atau ingin membuat ruangan Anda nampak lebih luas. Berikut ini ada beberapa tips penataan tata letak furnitur yang baik dan benar agar ruangan kecil terkesan luas dan lega, diantaranya yaitu:

1.    Pilih furnitur dengan bentuk geometris
Memilih furnitur dengan bentuk geometris bertujuan agar pemakaian ruangan dapat digunakan dengan maksimal dan tidak menciptakan ruang sisa pada sebuah ruangan. Perabot dengan bentuk kotak dapat jadi pilihan terbaik untuk ruangan Anda, karena perabot tersebut akan tepat menempati sudut-sudut pada ruang.

2.    Pilh furnitur yang berukuran mungil
Sebaiknya Anda memilih furnitur dengan ukuran mungil untuk memaksimalkan ruang gerak pada ruangan kecil. Misalnya kursi tamu kecil dengan kaki-kaki yang langsing sehingga membuat ruang yang sempit akan terasa lebih luas.

3.    Furnitur dengan karakter ringan dan transparan
Furnitur dengan karakter yang ringan dan transparan bisa dapat dijadikan alternatif lain untuk membuat ruangan kecil Anda tampak luas. Misalnya meja dengan bahan kaca, akan memantulkan atau memberikan ilusi terhadap ruangan Anda agar terlihat luas. Penting juga memilih furnitur yang ringan agar mudah dipindahkan.

4.    Furnitur multifungsi
Anda bisa menggunakan funitur yang multifungsi sebagai alternatif untuk menciptakan ruangan yang sempit agar tampak luas. Furnitur multifungsi ini merupakan pilhan yang baik bagi Anda yang memiliki ruangan sempit. Tambahkan sofa multifungsi yang dapat berfungsi sebagai tempat tidur atau ranjang jika di tarik, atau memilih sofa yang bagian bawahnya terdapat laci penyimpanan untuk menyimpan peralatan elektronik atau buku-buku bacaan yang sering Anda gunakan. Dengan memanfaatkan furrnitur yang multifungsi ini Anda bisa menghemat ruang pada rumah Anda.

5.    Furnitur yang mudah dipindahkan
Furnitur yang moveable atau mudah dipindahkan adalah pilihan yang tepat untuk ruangan kecil Anda. Seperti ranjang lipat, kursi atau meja lipat sangat pas untuk menghemat ruang. Selain itu, furnitur ini juga memiliki kelebihan dapat di bawa kemana-mana. Jika ingin berkemah tentu Anda bisa membawa kursi atau meja lipat yang Anda miliki di rumah.

6.    Furnitur yang menempel pada dinding
Dengan menempatkan atau meletakkan furnitur seperti meja, lampu bahkan televisi menempel langsung pada dinging, hal ini akan membuat ruangan Anda terasa lebih luas dan tidak penuh atau sempit.

7.    Pilih furnitur yang diperlukan
Barang atau furnitur yang tidak begitu diperlukan sebaiknya jangan disimpan pada suatu ruangan. Sebaiknya letakkan perabotan atau furnitur yang paling utama terlebih dahulu. Misalnya penataan furnitur untuk kamar tidur dahulukan tempat tidur, lemari dan meja. Jangan terlalu banyak meletakkan furnitur dalam ruangan karena akan membaut ruangan terasa penuh, berantakan serta sempit.

8.    Meletakkan furnitur tidak saling berhadapan
Pada ruangan keluarga ataupun ruang tamu, pada umumnya orang akan meletakkan sofa saling berhadapan. Padahal, bila sofa diletakkan saling berhadapan di dalam ruangan yang berukuran kecil maka ruangan akan terasa lebih sempit. Anda bisa meletakkannya sejajar atau meletakkan sofa dengan bentuk letter L.

9.    Beri jarak antara tembok dan furnitur
Salah satu trik termudah yang mungkin tidak Anda sadari yaitu dengan membiarkan adanya celah atau ruang antara furnitur Anda dengan tembok. Tembok Anda seakan-akan terlihat lebih jauh sehingga ruangan terlihat lebih luas dari aslinya. Hal ini juga akan mempermudah Anda untuk membresihkan bagian belakang pada furnitur Anda.

10. Menggantung aksesoris lebih rendah
Anda bisa menciptakan ruangan yang terlihat lebih besar dengan menggantung foto, figura atau pajangan tembok lebih rendah daripada umumnya. Hal ini dikarenakan agar plafon terkesan lebih tinggi. Selain itu Anda juga bisa menghindari tertutupnya ventilasi seperti pintu atau jendela dan mengatur ruang yang cukup untuk melintas tanpa haris terganggu oleh perabotan yang ada.


Itulah beberapa tips penataan tata telak perabot atau furnitur Anda yang baik dan benar agar ruangan kecil terkesan lebih luas dan nyaman. Ada baiknya, pikirkan terlebih dahulu desain interior yang pas dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Dan pikirkan terlebih dahulu tata letak furnitur Anda ingin diletakkan disebelah mana sebelum memindahkannya agar lebih efisien dari segi waktu dan tenaga. Selamat mencoba! 
Previous
Next Post »