Ini Dia Manfaat Tersembunyi Rumah Kayu Yang Harus Kamu Tahu!!!


Tren green house yang berkembang saat ini kembali mengangkat nilai kayu. Kayu bisa menjadi suatu material bangunan yang bernilai mahal jika diolah dengan benar. Kayu saat ini juga menjadi salah satu bahan yang dipertimbangkan untuk menggantikan batu bata dan batako sebagai bahan utama dalam membangun rumah di Medan. Hal ini karena hal-hal yang bergaya klasik tengah digandrungi lagi oleh masyarakat umum, tak terkecuali rumah kayu. Jika dulunya rumah kayu diidentikkan dengan rumah kuno yang ketinggalan zaman, kini membangun rumah kayu justru tengah menjadi tren. Kesan klasik ditambah warna eksotis dari kayu membuat rumah kayu mampu menampilkan kesan yang keren dan elegan. Fakta jika rumah kayu juga bisa bertahan lama memberi nilai plus bagi kamu untuk memiliki rumah kayu. Ketahanan kayu sudah dibuktikan oleh rumah-rumah peninggalan nenek moyang, di mana rumah kayu tersebut mampu berdiri kokoh dari satu generasi ke generasi berikutnya. Apalagi perbaikan dan penggantian pada rumah kayu juga bisa dikerjakan dengan mudah.

Kayu juga bisa dibentuk menjadi rumah kayu dengan desain apapun, baik itu tradisional maupun modern. Kamu juga bisa memadupadankan kayu dengan material yang lain, seperti kaca dan batu-batuan. Rumah kayu pun mempunyai keunikan tersendiri, jika kamu membangun rumah kayu di lokasi yang mayoritas rumahnya berbahan tembok akan membuatnya tampil beda. Apalagi jika bentuk bangunannya dibuat seunik mungkin sehingga mampu menambah daya tarik rumah kayu tersebut. Memiliki rumah yang unik akan membuatmu stand out diantara yang lainnya. Nah, jika kamu saat ini termasuk yang sedang mempertimbangkan untuk membangun rumah kayu, maka kamu harus tahu dulu, apa aja sih manfaat dari memiliki rumah kayu. Berikut beragam manfaat tersembunyi rumah kayu.

Bernilai seni dan artistik
Rumah kayu dipandang mampu mengedepankan nilai artistik yang klasik dan alami dibanding rumah biasa. Hal ini karena kayu mampu memancarkan keunikan yang tidak bisa diberikan material lain, seperti warna alami yang hanya dimiliki kayu. Salah satu poin yang harus kamu perhatikan adalah pemilihan jenis kayu, kayu yang bagus akan menampilkan motif yang memiliki corak khusus. Selain itu, untuk kamu yang berjiwa seni tinggi, kamu bisa melakukan dekor pada rumah kayumu dengan pahatan serta ukiran.

Memberi nuansa alami dan sejuk
Kayu adalah isolator alami dan sangat efektif dalam mengisolasi dingin dan panas. Artinya, dengan membangun rumah kayu kamu bisa menghemat energi dalam jumlah yang cukup besar dibandingkan dengan rumah batu bata atau beton. Tak perlu repot-repot menyalakan pendingin atau pemanas ruangan dalam jangka waktu yang lama. Kelebihan lainnya adalah karena desain kayu yang lebih tipis dan kokoh, serta adanya pori-pori antar kayu, membuat sirkulasi udara rumah kayu lebih bagus daripada rumah biasa dan memberi kesan sejuk bagi penghuninya.

Penyerap suara yang baik
Untuk kamu yang nggak suka keramaian, atau jenuh dengan hingar bingar suasana kota bisa mempertimbangkan untuk membangun rumah kayu. Pasalnya, sebagaimana diketahui, kayu juga merupakan penyerap suara yang sangat baik. Nah, dalam rumah kayu nantinya bisa kamu manfaatkan sebagai studio musik atau juga home theater.

Ringan dan hemat biaya
Kelebihan lainnya dari rumah kayu adalah ringan dan hemat biaya. Tak bisa dipungkiri, beberapa kayu yang memiliki kualitas bagus memang harganya cukup mahal. Eits, jangan berkecil hati dulu, karena masih banyak pula jenis kayu lainnya yang harganya lebih murah tapi tidak kalah kokoh. Tipsnya adalah, jika budgetmu terbatas kamu bisa menggunakan jenis kayu yang murah tapi tetap berkualitas, seperti kayu balok, kayu kaso, dan kayu galar. Harga kayu jenis tersebut jauh lebih murah daripada kayu jati.

Kokoh dan tahan gempa
Kelebihan lain yang tak kalah penting dari rumah kayu adalah memiliki daya tahan tinggi terhadap gempa. Jika rumah biasa umumnya akan muncul retakan atau bahkan roboh saat gempa terjadi, tidak demikian dengan rumah kayu. Hal ini karena sifat kayu yang elastis membuat rumah kayu mampu bertahan lebih lama jika terjadi gempa. Sangat cocok untuk diterapkan di Indonesia yang rawan gempa kan.

Bisa didaur ulang
Kayu merupakan salah satu bahan bangunan yang bisa didaur ulang sehingga bisa dimanfaatkan sebagai bahan yang lain. Jadi jika nantinya kamu ingin merenovasi rumah kayu, kayu bekasnya masih bisa kamu olah menjadi sesuatu yang memiliki nilai estetika. Seperti misalnya dialihfungsikan sebagai furnitur atau dijual kepada penampung barang bekas. Untuk memiliki rumah kayu yang cantik dan awet, kamu bisa menggunakan kayu jati. Kayu jenis ini termasuk kayu yang awet dan kuat, karena memiliki ketahanan yang bagus terhadap jamur dan rayap. Kayu jati juga mudah didapatkan. Selain kayu jati, kayu kamper juga bisa kamu gunakan. Pemakaian kayu ini sudah umum digunakan untuk pembangunan rumah kayu di Indonesia. Kayu ini terkenal sangat kuat dan awet dengan tekstur yang cukup halus.


Itulah beberapa manfaat tersembunyi dibalik trend rumah kayu yang semakin meraja lela. Apakah kamu sudah memiliki rencana untuk membeli rumah murah di Medan area? Semoga informasi ini bermanfaat.
Latest
Previous
Next Post »