APRIL Pulp Mengembangkan Perajin Kain Tenun



APRIL Grup adalah produsen pulp dan kertas terkemuka di Indonesia. Di setiap tahunnya, mereka mampu memproduksi pulp (bubur kertas) hingga 2,8 juta ton dan kertas sebanyak 850 ribu ton. Dalam hal ini, kemampuan yang mereka dapat berkat pengelolaan perkebunan yang memastikan suplai bahan baku. Hingga saat ini,mereka mengelola lahan seluas 476 ribu hektar yang ditanami dengan pohon akasia. Selain itu juga, mereka bekerja sama dengan masyarakat dalam pengelolaan perkebunannya. Setidaknya ada 40 mitra yang bertindak sebagai pemasok bahan baku jangka panjang. Selain itu, terdapat pula sejumlah mitra jangka pendek yang ada di Sumatera, Kalimantan, dan Malaysia.

Salah satunya adalah APRIL Grup menggandeng masyarakat sebagai mitra binaan dalam melakukan pengembangan keterampilan para perajin tenun. Para perajin dibekali pelatihan dan bila mereka sudah cukup mahir PT. RAPP akan memberikan alat tenun  di rumah masing-masing agar bisa menenun di rumah. Dan hal itu sudah dilakukan oleh mereka, yang mana mereka menenun di rumah masing-masing. Menenun sendiri bisa mereka kerjakan usai kegiatan rumah tangga mereka selesai. Para perajin diberi bayaran sesuai jumlah kain tenun yang mereka hasilkan. Biasanya mereka membutuhkan waktu antara empat hingga lima minggu untuk menyelesaikan satu kain tenun.

Meski terbilang baru berjalan sejak pertengahan 2017, perkembangan positif terlihat jelas. Saat ini pesanan kain tenun terus berdatangan. Kebanyakan konsumen menyukai motif tenun khas Melayu. Oleh karena itu, PT RAPP memamerkan sejumlah hasil kerajinan mitra penenun binaannya di sejumlah hotel. Hal ini rupanya mendapat perhatian dari para pengunjung hotel yang tertarik untuk membelinya.

Dalam kesuksesan ini, diharapkan mampu menarik pihak lain untuk ikut bergabung. Mereka ingin ada warga lain yang mengikuti jejak Rahmi dan Sri untuk ikut dalam pelatihan karena mereka ingin membesarkan kegiatan ini seperti halnya Rumah Batik Andalan yang sudah sukses. Saat ini, APRIL Grup berencana hendak mencari lokasi sebagai basis kegiatan. Lokasinya diperkirakan ada di kawasan Gang 2000 yang sudah menjadi sentra industri tenun di Pangkalan Kerinci. Dengan bergabung dalam kegiatan pengembangan keterampilan menenun, banyak keuntungan yang diperoleh. Perajin otomatis langsung menjadi mitra April grup. Dengan bekal yang mereka peroleh sampai saat ini, mereka akan mendapat beragam dukungan mulai dari pengembangan kemampuan, pemasaran, hingga manajemen. Selain itu, kemudahan seperti bantuan permodalan pasti akan diperoleh. Siapa saja boleh ikut serta dalam kegiatan tersebut. Namun, APRIL Pulp memberi syarat agar peserta memang serius dalam menekuni kerajinan tenun. Nanti mereka akan diajari menenum oleh Rahmi dan Sri yang lebih dulu terampil.

Akan tetapi menjadi seorang penenun tidak bisa asal-asalan. Mejadi perajin kain tenun harus benar-benar serius karena menjadi perajin tenun jelas butuh keseriusan dan ketelitian dalam menenun yang mana terbilang di atas rata-rata. Dan begitulah APRIL Pulp dalam mengembangkan perajin kain tenun.
Previous
Next Post »