Beberapa Hal yang Perlu Anda Ketahui Seputar Perkembangan Motorik Anak


Bagi para orang tua, memperhatikan proses perkembangan anak sangatlah penting untuk dilakukan. Karena, tidak hanya proses pertumbuhan yang perlu diperhatikan, proses perkembangan juga sangat dibutuhkan agar anak Anda dapat memiliki kecerdasan ketika dewasa kelak. Selain itu, proses perkembangan juga dapat dilakukan dengan cara melatih perkembangan motorik anak Anda. Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda ketahui seputar perkembangan motorik anak Anda.

Motorik Kasar
Pada dasarnya, kemampuan motorik terbagi menjadi dua yakni antara motorik kasar dan motorik halus. Motorik kasar berarti gerakan tubuh yang menggunakan otot-otot besar. Perkembangan motorik kasar biasanya dipengaruhi oleh berbagai hal mulai dari berat badan, usia sampai perkembangan anak Anda secara fisik. Sehingga, Anda perlu memperhatikan motorik kasar anak Anda agar dapat berkembang secara optimal.

Motorik halus
Berlawanan dengan motorik kasar, motorik halus bergerak dengan cara menggunakan otot-otot halus. Beberapa ciri perkembangan motorik halus antara lain seperti koordinasi mata dan tangan hingga gerakan lainnya yang menggunakan otot kecil. Motorik halus sangat penting untuk diperhatikan karena punya peran besar dalam proses perkembangan anak Anda.

Senantiasa memberikan rangsangan motorik
Perkembangan motorik anak perlu diawasi secara rutin oleh setiap orang tua. Untuk itu, Anda perlu senantiasa memberikan rangsangan motorik kepada anak Anda. Beberapa gerakan motorik yang bisa Anda lakukan mulai dari melatih bayi duduk sendiri, mengajaknya berbicara sampai mengajaknya untuk bermain setiap hari. Dengan memberikan rangsangan motorik setiap hari, perkembangan anak Anda dapat terjaga dan anak Anda dapat memiliki perkembangan yang terjaga tidak hanya pertumbuhan tubuhnya saja yang terjaga.


Pemberian rangsangan dan melatih motorik anak sangatlah penting untuk membantu anak-anak agar dapat berkembang secara normal. Untuk itu, Anda tidak boleh melewatkan perkembangan bayi Anda sedikitpun karena 1000 hari pertamanya sejak berada dalam kandungan merupakan masa yang sangat vital untuk menentukan pertumbuhan dan perkembangannya kelak. Jadi, Anda perlu memperhatikan juga perkembangan anak Anda tidak hanya pertumbuhan anak Anda setiap harinya.
Previous
Next Post »